Jumat, 16 September 2016

Sistem Informasi Toko Buku Gramedia

Sistem informasi yang digunakan di toko buku Gramedia, khususnya pada bagian customer service adalah SIM (Sistem Informasi Manajemen) dan di dukung oleh aplikasi Info Produk. Aplikasi ini berfungsi untuk menunjang Sistem Informasi Manajemen dalam hal mempermudah pelanggan dan karyawan yang berada di toko buku Gramedia mengetahui ketersediaan stok produk di toko buku tersebut. Sistem Informasi Manajemen itu sendiri hanya dapat diakses oleh karyawan toko buku Gramedia, nantinya sistem ini dapat terhubung dengan sistem-sistem yang ada di Gramedia lainnya di seluruh Indonesia. Sebagai contoh misalnya ketika toko buku Gramedia cabang A kekurangan atau kehabisan stok suatu buku, maka dari pihak Gramedia akan menghubungkan ke sistem di toko buku Gramedia lainnya untuk memastikan ketersediaan buku tersebut kemudian menginformasikan kepada pelanggan.
Selain itu, demi berlangsungnya pembaharuan dalam sistem tersebut, Info Produk terhubung dengan transaksi history dari cashier secara online. Sebagai contoh misalnya ketika suatu buku telah ditransaksikan atau dibeli dan dibayar ke cashier, maka transaksi history yang sudah terhubung dengan Info Produk  melalui internet akan melaporkan transaksi tersebut dan aplikasi Info Produk dapat memperbaharui datanya.
Proses dan system tersebut berawal dari staf bagian gudang menerima stok produk baru, kemudian menginput datanya kedalam system informasi manajemen agar dapat diketahui oleh karyawan toko buku Gramedia. Selanjutnya karyawan toko buku Gramedia melakukan penghitungan pada buku yang telah diterima dan menyesuaikannya dengan informasi yang input oleh staf gudang. Setelah datanya sesuai barulah dapat muncul pada info produk yang ada pada komputer costumer service.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar