Kamis, 08 September 2016

MANFAAT BUAH SEMANGKA


KANDUNGAN GIZI BUAH SEMANGKA
NILAI GIZI BUAH SEMANGKA
Energy
30 Kcal
Karbohidrat
7,6 gram
Protein
0,6 gram
Lemak
0,15 gram
Kolesterol
0 mg
Serat
0,4 gram
Vitamin A
569 IU
Vitamin C
8,1 mg
Vitamin E
0,05 mg
                 


Meskipun harganya termasuk murah,semangka kaya akan fito nutrien dan anti oksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat semangka bagi kesehatan tubuh :
1.       Menjaga tubuh tetap terhidrasi
Kandungan elektrolit dan air yang tinggi dalam semangka sangat baik untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Kandungan  lemak dan kalorinyapun sangat rendah, hanya 30 kalori per 100 g sehingga anda tidak perlu khawatir berat badan akan bertambah jika mengkonsumsi buah manis ini.
2.       Menurunkan resiko kanker
Semangka kaya akan anti oksidan flavonoid seperti likopen, beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan cyptoxanthin. Anti oksidan tersebut diketahui dapat mencegah kanker usus besar, prostat, payudara, endometrial, paru-paru, mulut rahim, dan pankreas. Kandungan likopen dalam semangka bahkan lebih tinggi daripada tomat.
3.       Menjaga kesehatan jantung
Menjalankan pola hidup yang kurang sehat biasanya akan membuat seseorang mengalami resiko terkena penyakit jantung. Agar terhindar dari masalah tersebut, tubuh harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk meningkatkan kinerja organ-organ tubuh termasuk jantung. Salah satu minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi agar jantung tetap sehat adalah jus semangka
4.       Menyehatkan tulang
Jus semangka mempunyai kandungan mineral berupa kalium dan kalsium. Kedua kandungan nutrisi tersebut berfungsi untuk mempertahankan kepadatan tulang,menguatkan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis, sehingga tulang menjadi sehat.
5.       Sumber antioksidan alami
Didalam jus semangka terdapat kandungan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas.

(sumber : http://mistercufflink.com/manfaat-jus-semangka.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar